1. Faktor Ekonomi
Kita tahu bahwa konsumsi dipengaruhi oleh
kekayaan penduduk, dan pelaku bisnis harus merencanakannya dengan tepat.
Beberapa pertimbangan utama meliputi tersedianya kredit dan jumlah pendapatan
disposable di pasar tertentu. Baik inflasi dan tingkat suku bunga dan GDP
negara tertentu adalah faktor ekonomi lain yang dapat menghambat atau membantu
usaha pemasaran.
Munculnya kegiatan E-commerce ini
harus dapat diantisipasi dengan tepat dan baik agar tidak kehilangan peluang
meraih kesempatan dalam era globalisasi, terutama di bidang ekonomi.
Kondisi perekonomian disuatu negara secara
langsung dapat mempengaruhi kestabilan bisnis dari perusahaan. Semakin buruk
kondisi ekonomi, maka akan semakin buruk pula kestabilan bisnisnya.
2. Faktor Sosial
Masyarakat memberlakukan
kepercayaan, sikap, dan gaya hidup yang diadopsi oleh lingkungan sekitarnya.
Sikap ini sering berubah karena orang berusaha untuk mengakomodasi tuntutan
yang ditempatkan pada mereka oleh dunia di sekitar mereka.
Seperti yang mereka lakukan,
permintaan akan gaya pakaian, perangkat teknologi, aktivitas rekreasi, dan
produk/layanan lainnya meningkat sementara permintaan akan alternatif lain
memudar. Perubahan kondisi sosial biasanya terkait dengan perubahan sikap dan
gaya hidup akibat peningkatan pendapatan , perubahan strata sosial maupun
peningkatan dari perkembangan teknologi.
3. Faktor Politik
Jadi faktor penting dalam
berusaha atau berbisnis. Situasi politik yang tidak mendukung akan berdampak
negatif bagi dunia usaha dan begitu pula sebaliknya. Faktor politik mencakup
masalah hukum dan peraturan yang mengendalikan industri dan bisnis perorangan.
Ada beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan di sini termasuk keputusan fair
trade, undang-undang antimonopoli, pajak, upah, dan kegiatan pemerintah lainnya
yang dirancang untuk melindungi kelas yang berbeda dalam masyarakat.
4. Faktor Teknologi
Teknologi terus membaik pada tingkat eksponensial. Perusahaan terbaik tetap berada di atas perubahan teknologi dan menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dalam periode waktu yang lebih singkat. Pemasar harus menyadari perubahan yang mungkin mempengaruhi bisnis dan industri mereka. Perangkat, strategi, dan teknik baru dapat membantu bisnis tetap berada di depan persaingan dan menghindari keusangan. Setiap perusahaan yang ingin tetap unggul dan berkembang bisnisnya, maka harus selalu mengikuti trend perkembangan teknologi terkini, sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat selalu uptodate sesuai dengan keinginan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar