Kamis, 31 Januari 2019

STATISTIKA



 

Pengertian Statistika dan Statistik


Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Definisi statistika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari kete-rangan yang berarti dari data yang berupa angka.

Sedangkan pengertian statistik adalah hasil data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan sebagainya. Adapun definisi statistik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah catatan atau angka-angka (bilangan) yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.


Pengertian Statistika Menurut Para Ahli 

 

1. Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc.

Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc., pengertian statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilaksanakan.

 

2. Anderson & Bancroft

Menurut Anderson & Bancroft, arti statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan interpretasi data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probabilitas (peluang).

 

3. Prof. Dr. H. Agus Irianto

Menurut Prof. Dr.H.Agus Irianto, pengertian statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

 

4. Anto Dajan

Menurut Anto Dajan, pengertian statistik adalah data kuantitatif baik yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk table.

 

5. Croxton dan Cowden

Menurut Croxton dan Cowden, arti statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berwujud angka.

 

Penyajian data statistika

Untuk menyajikan data statistika, dapat digunakan tabel dan diagram.

 

Tabel

Tabel merupakan cara menyajikan data yang berbentuk baris dan kolom
Contoh :

Jumlah siswa kelas A dan kelas B

Jenis Kelamin
Kelas A
Kelas B
Laki-laki
43
39
Perempuan
17
21
Jumlah Total
60
60

Diagram Batang

Diagram Batang yaitu diagram yang terdiri dari sumbu horizontal (yang menyatakan kategori) dan sumbu vertical (yang menyatakan nilai). Besaran nilai disajikan dalam bentuk batang pada masing-masing kategorinya.
Contoh :

Diagram Garis

Diagram Garis yaitu diagram yang terdiri dari sumbu horizontal (yang menyatakan kategori) dan sumbu vertical (yang menyatakan nilai). Besarnya nilai disajikan dalam bentuk titik-titik yang terhubung antar kategorinya. Pada umumnya dalam diagram garis, kategorinya berupa waktu.
Contoh :


Diagram Lingkaran

Diagram Lingkaran yaitu diagram yang berbentuk lingkaran yang terbagi menjadi juring-juring dan masing-masing juring menyatakan nilai dalam bentuk presentase.
Contoh :

 

Sifat-sifat Notasi Sigma


Notasi sigma adalah simbol untuk menjumlahkan sejumlah bilangan terurut yang mengikuti suatu pola dan aturan tertentu. Materi notasi sigma masih mempunyai hubungan dengan materi barisan dan deret, baik aritmatika atau geometri.


Berikut ini adalah sifat-sifat notasi sigma yang dapat digunakan untuk mengerjakan soal-soal tentang notasi sigma. Ada 8 sifat notasi sigma yang akan diberikan di sini.

 

 

Fungsi dan Peranan Statistika


Statistika memiliki fungsi dan peranan yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan fungsi maksimal, dibutuhkan penerapan statistika dan statistik secara keseluruhan dari mulai mengambil data sampai penarikan kesimpulan. Berikut beberapa fungsi dan peranan statistika.
  • Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu
  • Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang mudah dimengerti
  • Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan
  • Statistik dapat memperluas pengalaman individu
  • Statistik dapat mengukur besaran dari suatu gejala
  • Statistik dapat menentukan hubungan sebab akibat
Kegunaan statistik pun dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan informasi dan kesimpulan yang didapatkan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan.

 

Macam Macam Metode Penelitian Statistika


Terdapat banyak jenis jenis metode statistika yang ada, namun secara umum pembagian macam macam metode penelitian statistika dibagi menjadi dua yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

 

1. Statistik Deskriptif

Pengertian statistika deskriptif adalah teknik statistik yang memberikan informasi hanya mengenai data yang dimiliki. Analisis statistik deskriptif tidak bermaksud untuk menguji hipotesis. Statistik deskriptif dipergunakan untuk menyajikan dan menganalisis data agar lebih bermakna dan komunikatif.

 

2. Statistik Inferensial

Pengertian statistika inferensial adalah statistik yang berkaitan dengan analisis data (sampel) untuk kemudian dilakukan penyimpulan yang digeneralisasikan kepada seluruh subyek tempat data diambil (populasi). Statistika inferensial harus berdasar pada statistika deskriptif, sehingga kedua-duanya harus ditempuh secara benar agar didapatkan kegunaan maksimal dari statistika ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar