Jumat, 08 Februari 2019

PENYAJIAN DATA




Penyajian Data

Penyajian data merupakan cara yang di gunakan untuk meringkas, menata, mengatur atau mengorganisir data sehingga data mudah untuk dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan data tersebut.

Secara umum ada dua cara untuk menyajikan data yaitu dengan tabel dan grafik. Kedua cara ini saling berkaitan, karena pada dasarnya sebelum di buat grafik terlebih dahulu harus dibuat tabelnya. Dari dua cara ini penyajian data dengan grafik merupakan penyajian data yang lebih komunikatif karena dalam waktu yang singkat seseorang akan dapat dengan mudah memperoleh gambaran dan kesimpulan suatu keadaan.

Cara Penyajian Data :

1. Penyajian Data Dengan Tabel
Tabel merupakan kumpulan angka-angka yang tersusun berdasarkan kategori-kategori atau karakteristikkarakteristik tertentu sehingga memudahkan untuk dianalisis. Data yang disajikan dalam tabel bisa berupa data cros ssection atau data timeseries. Secara umum penyusunan tabel memerlukan identitas judul tabel, judul baris ,judul kolom, badan tabel catatan dan sumber data. Penyajian data dengan tabel bisa berbentuk tabel satu arah, dua arah dan tiga arah.
·         Tabel Satu Arah
Tabel satu arah adalah tabel yang hanya terdiri dari satu karakteristik atau kategori.
Contoh :


·         Tabel Dua Arah
Yaitu tabel yang terdiri dari dua karakteristik atau dua kategori.
Contoh :


·         Tabel Tiga Arah

Tabel tiga arah menunjukan tiga karakteristik atau kategori data.
Contoh :



2. Penyajian Data Dengan Grafik
Menyajikan data dengan menggunakan gambar-gambar atau grafik. Banyak sekali jenis tampilan data dalam bentuk grafik tetapi pada bagian ini hanya ditampilkan grafik-grafik yang umum di jumpai seperti: Grafik garis (Line Chart), Grafik balok/batang (Bar Chart), Grafik Lingkaran (Pie Chart), dan Pictogram.

·         Grafik Garis

Grafik garis secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single line chart yang terdiri dari satu garis saja dan multiple line chart yang terdiri dari beberapa garis. Garfik garis baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa garis sangat berguna untuk menggambarkan perkembangan suatuk egiatan.
Contoh grafik garis yang tunggal:





·         Grafik Batang/Balok

Grafik batang/balok (BarChart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitun single Bar chart yang terdiri dari satu batang saja dan multiple bar chart yang terdiri dari beberapa batang. Garfik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan.
Contoh Gerafik Multiple Bar Chart :




·         Grafik Lingkaran
Grafik Lingkaran (Pie Chart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Pie chart yang terdiri dari satu lingkaran saja dan multiple pie chart yang terdiri dari beberapa ligkaran. Garfik ingkaran baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa lingkaran sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan berdasarkan nilai-nilai karakteristik satu dengan yang lain dan dengan keseluruhan (biasanya dalam persentase).
contoh grafik lingaran yang tunggal :



·         Pictogram
Pictogram adalah grafik berupa gambar di dalam bidang koordinat X Y dinyatakan gambar-gambar dengan suatu ciri-ciri khusus untuk suatu karakteristik.
Contoh :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar